Cara seduh dengan v60, 1 pour dari Tales Coffee

Sabtu, 30 Maret 2024

Cara seduh dengan v60, 1 pour dari Tales Coffee


Ada banyak cara seduh kopi, dan ada banyak resep kopi, sebagai peminum kopi setiap hari; dan juga bekerja sehari hari, saya cenderung memilih resep kopi yang mudah dibuat dan cepat, khususnya untuk pagi hari.

Selain resep / metode seduh 1:1:1 ada 1 lagi metode seduh, single pour dari Tales Coffee yang mudah dan cepat. Resep ini cocok untuk minum kopi harian, cocok dengan kopi "dark" atau "medium-dark" seperti kopi pertama yang dikeluarkan Balinest mt. Catur.

Metodenya seperti ini,

Pertama; seperti biasa siapkan semua kebutuhan, v60 filter, goose-neck kettle, paper filter dan alat aduk (disarankan tongkat, mungkin sumpit; karena dengan sendok agitasi terlalu besar) kemudian untuk ukuran gilingan, disarankan menggunakan medium-fine. Untuk suhu air, tergantung bean yang dipakai, namun menurut percobaan saya selama ini 90 standard yang cukup, untuk kopi mt Catur.

Kedua; untuk kopi yang digunakan dan air seduh, bisa menggunakan rasio umum sekitar 1:15 atau 1:18 (saya sendiri lebih cocok dengan 1:15 untuk kopi mt.Catur Balinest). Siapkan kopi, dan buat "lubang atau lembah" di bagian tengah bubuk kopi, dengan tujuan agar ekstraksi yang terjadi lebih merata di bagian tengah. Seperti gambar dibawah,


Ketiga; mulai tuang air panas dari tengah; dan terus ditengah, hingga bubuk kopi mulai mengapung diatas; baru kemudian kita "tenggelamkan" bubuk kopi yang mengapung itu dengan cara tuang air keliling, sampai habis (sesuai rasio).

Keempat; setelah selesai tuang, aduk / agitasi kopi dengan "tongkat aduk" yang sudah disiapkan). Aduk dengan cepat dari pinggir, semakin ke tengah dan berhenti. Setelah itu, kita tinggal menunggu air turun semua. SELESAI.

Mudah sekali dilakukan, dengan hasil seduh yang nikmat, seimbang (balance) dan cenderung manis. Pada kopi mt. Catur Balinest, kopi hasil seduh akan memiliki notes gula aren dan jeruk manis, dengan aroma lemon dan sereh, nikmat diminum setiap hari.

Untuk lengkapnya bisa lihat di video dari Tales Coffee, disini...
Selamat mencoba :)

0 komentar :

Posting Komentar