Kopi dan Teh dalam Satu Minuman, Kita Tidak Perlu Memilih

Senin, 18 Januari 2021

Kopi dan Teh dalam Satu Minuman, Kita Tidak Perlu Memilih


Teh dan Kopi mungkin adalah dua minuman paling populer di dunia, keduanya mudah dibuat, enak diminum panas maupun dingin. Bagi pecinta kopi maupun teh, mendengar bahwa kopi dan teh dicampur dalam satu minuman, mungkin akan terasa aneh.

Namun di beberapa wilayah / negara, mencampur keduanya adalah hal yang biasa, misalnya minuman Yuenyeung yang populer di Hongkong, dan beberapa daerah di Cina, atau Kopi Cham yang populer di Malaysia dan Spreeze yang populer di Ethiopia.


SPREEZE

Dikutip dari artikel pada PerfectDailyGrind, Spreeze adalah minuman yang populer di Ethiopia, yang merupakan campuran antara teh, espresso dan gula sebagai pemanis, rasa yang dihasilkan adalah rasa yang seimbang antara rasa floral, wangi dari teh dan rasa earthy dan pahit dari espresso (dark roast).

KOPI CHAM

Di daerah Singapore dan Malaysia juga terkenal dengan Kopi Cham yang merupakan campuran antara Teh, Kopi dan Susu Kental Manis (Condense atau Evaporated Milk). Minuman ini biasa dijual di Kopitiam (kedai kopi) tradisional yang tersebar di seluruh Malaysia dan Singapore. Kopi Cham dibuat dengan campuran standard 45% Kopi + 45% Teh + 10% SKM.

YUENYEUNG

Diantara ketiga minuman, mungkin yang paling populer adalah Yuenyeung, yang populer di Hongkong. Menurut Lan Fong Yuen, sebuah kedai tradisional di Hongkong, minuman ini pertama kali dibuat oleh mereka pada tahun 1952, ketika itu banyak pengunjung yang bekerja sebagai sopir dan buruh yang senang minum teh, namun mereka butuh caffeine untuk membantu tetap segar selama bekerja.

Minuman ini dibuat dengan menggunakan dasar milk-tea (teh susu) yang biasa dibuat di Hongkong dan kopi hitam. Untuk campurannya sendiri ada yang menyarankan 1:1 dan ada yang menyarankan 2:1 .


Apakah minuman ini akan semakin populer? mungkin untuk beberapa orang minum kopi dan teh akan terasa terlalu aneh, namun dengan terus berkembangnya pengetahuan kita mengenai kopi dan teh, serta semakin berkembangnya alat seduh, kita akan menemukan cara yang tepat, dan kemungkinan akan membuat minuman seperti ini populer.


0 komentar :

Posting Komentar