TANAMAN KAYU MANIS INDONESIA

Minggu, 10 Januari 2021

TANAMAN KAYU MANIS INDONESIA


Kayu Manis atau yang dalam bahasa Inggris biasa disebut Cinnamon (Cinnamomum), tanaman yang dikenal didunia karena manfaatnya yang luar biasa dan aromanya yang wangi, serta rasanya yang manis, pedas rempah.

Kayu Manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini sudah digunakan di Mesir sejak 5000 tahun yang lalu. Indonesia sendiri adalah penghasil Kayu Manis terbesar didunia, selain Indonesia Negara lainnya yang juga penghasil Kayu Manis adalah Sri Langka, Tiongkok, Vietnam dan India.

Di Indonesia, Kayu Manis dihasilkan di Sumatra Barat, Jambi dan Kerinci. 


JENIS KAYU MANIS

Dari beberapa jenis tanaman Kayu Manis, ada 2 yang paling popular di dunia, yaitu Ceylon dan Cassia. Secara umum kedua jenis Kayu Manis ini sama, baik dari manfaat, aroma dan rasa, hanya saja Kayu Manis Cassia memiliki aroma yang lebih tajam dan manis dibandingkan Kayu Manis Ceylon, namun Kayu Manis Cassia mengandung lebih banyak Coumarin, yang dalam penelitian jika dikonsumsi berlebih dapat mengganggu liver. 

Kayu Manis Cassia ini adalah jenis Kayu Manis yang paling umum dan mudah ditemukan, sedangkan Kayu Manis Ceylon cukup sulit didapat, dan sebagian besar dihasilkan di Sri Langka. 

Dari bentuknya, jika diamati lebih jeli, Cassia Cinnamon berwarna lebih gelap daripada Ceylon Cinnamon. Cassia Cinnamon berwarna coklat tua hamper kemerahan, sedangkan Ceylon Cinnamon berwarna coklat, lebih terang. 


Awalnya Kayu Manis yang berada di Indonesia berasal dari Sri Langka, yang didatangkan ke pulau Jawa pada tahun 1825 dan kemudian menyebar ke India Selatan, Madagaskar dan Brazil.

Indonesia saat ini sudah memiliki 3 varietas Kayu Manis yang telah dilepas dan ditetapkan sebagai varietas nasional oleh menteri Pertanian Indonesia. Pada tahun 2020 ini, telah dirilis Kayu Manis Koerintji dari kabupaten Kerinci provinsi Jambi yang memiliki kandungan Cinnamaldehyde (menimbulkan aroma) yang diatas standard SNI yaitu 50% hal ini juga menyebabkan Kayu Manis ini disukai oleh Negara Negara pengimpor Kayu Manis.

Tanpa disadari Kayu Manis memiliki manfaat sangat besar bagi yang mengkonsumsi dan juga bagi Indonesia, jadi… mulai sekarang setiap kali kita mengkonsumsi Kayu Manis, kita tahu sedikit cerita dibaliknya, dan manfaatnya.

0 komentar :

Posting Komentar